Posisi : Beranda / Tentang Saya
Tentang Saya

Biografi singkat dan CV terbaru

PERSONAL

Lahir di Kediri dari keluarga wiraswasta. Menghabiskan masa kecil di kota ini. Sejak tahun 1984, terkait dengan studi dan pekerjaan, menetap di Yogyakarta. Suka membaca, fotografi, bermain dengan mainan teknik (aeromodelling, lego teknik dan mesin uap), berkebun serta melakukan perjalanan.
 

PENDIDIKAN

Pendidikan dasar dan menengah diselesaikan semuanya di Kediri, yakni di SD Negeri Alun-alun I, SMP Negeri 1 dan di SMA Negeri 2.

Pendidikan tinggi diselesaikan di kota-kota yang berbeda. Pendidikan sarjana diselesaikan di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 1989. Skripsi yang ditulis dengan pembimbing Dr. Ichlasul Amal (saat itu sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) berjudul Sistem Keamanan dan Proliferasi Nuklir di Asia Selatan. Antara tahun 1993-1994 mengikuti program pascasarjana di Department of Political Science, Faculty of Arts, Australian National University (ANU) Canberra, Australia dan memperoleh Master of Letters, dengan subthesis berjudul Hayek's Concept of Liberty (pembimbing Dr. Jeremy Shearmur). Tahun 1997 menyelesaikan program master di department dan universitas yang sama dengan thesis Changing Discourse of Development (dengan pembimbing Dr. Michael McKinley). Saat ini sedang menyelesaikan pendidikan doktor dalam bidang ilmu politik di Fakultät für Sozialwissenschaften, Universität Mannheim, Mannheim, Jerman. Disertasi yang ditulis State and the Changing Pattern of Global Governance dengan pembimbing Prof. Dr. Beate Kohler-Koch.
 

PEKERJAAN

sejak 1992 hingga saat ini sebagai staf pengajar di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

1997-1998 peneliti di Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian (PSKP), Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dan kembali aktif sejak 2004.

1992-1993 staf redaksi untuk jurnal ilmiah Prospek yang diterbitkan oleh Pusat Pengkajian Strategi dan Kebijakkan (PPSK), Yogyakarta

1991-1992 staf peneliti di Pusat Studi Jepang, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

1989 - 1991 menjadi asisten dosen dan penelitian untuk Dr. Jahja Muhaimin. Menterjemahkan disertasi Dr. Jahja Muhaimin (bersama Hasan Basari) yang kemudian diterbitkan oleh LP3ES dengan judul Bisnis dan Politik

POSISI

Kepala Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian (PSKP), Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Ketua, Program Pascasarjana Ilmu Politik, Konsentrasi Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.


 

LAIN-LAIN

 

Ketua, Ansambel Musik Anak & Remaja Indonesia Yogyakarta (Amari Jogja).

 

 


  Diperbaharui 12 Sep 2017 Copyright © 2012  
data personal latar belakang pendidikan aktivitas